Pelaksanaan Pelatihan Sertifikasi Mediator Sektor Pertambangan  oleh PT. Bumi Suksesindo adalah komitmen perusahaan dalam rangka peningkatan kapasitas lintas departemen dalam hal kemampuan mencegah dan menangani konflik melalui mekanisme Negosasiasi maupun Mediasi konflik serta mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) dan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development).

Pelatihan Sertifikasi Mediator Sektor Pertambangan ini diselenggarakan mengingat perlunya: (1) Kerentanan timbulnya konflik atau sengketa sebagai dampak dari operasional pertambangan; (2) Semakin tingginya pragmatisme di kalangan masyarakat sebagai pengaruh pihak luar yang mengkampanyekan dampak pertambangan dalam kacamata negatif; (3) Stakeholders pertambangan yang saling bersinggungan pengaruh dan kepentingan baik dalam  bidang sosial, ekonomi dan lingkungan;  (4) Perlunya keahlian karyawan perusahaan pertambangan untuk membangun kepercayaan dengan para pihak untuk mencegah konflik maupun untuk mendorong penyelesaian konflik; (5) Perlunya memahami kebijakan-kebijakan yang mengarustamaan penyelesaian konflik dan implementasinya, terutama melalui mekanisme Alternatif Penyelesaian Sengketa baik di luar pengadilan maupun di Pengadilan; (6) Perlunya memahami isu-isu pembangunan berkelanjutan secara khusus dalam hal tata kelola sosial dan lingkungan yang berlau nasional maupun internasional; (7) Perlunya menguasai ketarampilan menyiapkan dan melaksanakan perundingan (negosiasi) untuk menghasilkan kesepakatan (konsensus) terbaik yang dapat diterima para pihak; (8) Perlunya menguasai keterampilan menggunakan mekanisme Mediasi dalam penyelesaikan sengketa/konflik dengan baik dan efektif; (9) Perlunya menguasai keterampilan merancang kesepakatan sebagai bentuk pengakhiran sengketa dan mencegah munculnya sebfketa baru secara efektif.

Untuk memenuhi kualifikasi tersebut, AZ Law Office & Conflict Resolution Center terpilih sebagai konsultan perancang dan pelaksana pelatihan Sertifikasi Mediator bekerjasama dengan IMN (Impartial Mediator Network) yang ditujukan untuk Karyawan PT. BSI. Pelatihan tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 13 – 17 Mei 2019, bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Departemen External  Affair PT. BSI di Banyuwangi.

Adapun tujuan pelatihan berkontribusi menciptakan sumber daya manusia (karyawan) yang dengan memiliki Pengetahuan, Pemahaman dan Keterampilan dalam hal merencanakan dan mengimplementasikan pencegahan maupun penyelesaian konflik atau sengketa secara terpadu. Kapasitas yang mendukung pencapaian tersebut meliputi teknik dan keahlian analisis konflik, Negosiasi, Mediasi dan Penyusunan Kontrak atau Kesepakatan.

Jika perusahaan atau lembaga bapak ibu berminat untuk ikut serta dalam pelatihan kami, bekerjasama atau inhouse training bisa menghubungi kontak kami.

Hubungi Kami Sekarang :

Bumi Indraprasta 1, Jl. Kresna Raya No. 20, Bantarjati, Bogor Utara,
Kota Bogor, Jawa Barat
Telp :  +62821-1482-4046
offices@azlaw-conflictresolution.com;
azlaw.conflictresolution@gmail.com

Kontak Kami Via WA

 

Leave a Comment